Selasa, 26 April 2011

Cara Mencuci Cloth Diapers 1


Ada 2 metode yang digunakan untuk menyimpan clodi kotor sebelum dicuci. Yaitu metode ember basah (wet pail) dan metode ember kering (dry pail).
Dalam metode ember basah, semua clodi ditempatkan dalam ember berisi air setelah semua kotoran padatnya (bekas pup) dibersihkan. Biasanya digunakan baking soda untuk menghilangkan bekas noda yang menempel. Ketika tiba saatnya mencuci, air rendaman ditiriskan lalu di masukkan ke dalam mesin cuci. Metode ini semakin jarang digunakan karena bau yang timbul dari air yang stagnan. Agar clodi tidak cepat rusak, cuci dengan cold wash saja.
Metode ember kering lebih banyak digunakan. Dalam metode ini, tidak ada proses perendaman sebelum mencuci. Clodi kotor dimasukkan saja dalam ember kering. Tutup wadah agar bau tak menyebar kemana-mana. Bau juga dapat dikontrol dengan menaburkan baking soda ke dalam ember.
Untuk diaper baru, sebaiknya dicuci dahulu untuk menghilangkan residu dalam proses finishing. Ini juga untuk meningkatkan daya serap diaper. Beberapa sumber menyarankan untuk melakukan 3x siklus cuci-jemur-kering bagi clodi baru sebelum digunakan.
Clodi dapat dicuci manual dengan tangan atau dengan mesin cuci. Jangan gunakan air panas saat mencuci dengan mesin cuci. Lepaskan semua kancing (snap) saat mencuci. Untuk clodi dengan system Velcro/perepet, pastikan velcronya terpasang pada laundry tabs agar pakaian lain tidak rusak tersangkut. Beberapa sumber mengatakan boleh menggunakan pengering di mesin. Tapi pengalaman pribadi saya, insert microfiber yang dikeringkan dengan pengering di mesin cuci akan menjadikannya kaku. Mungkin tergantung dari bahan clodi itu sendiri juga. Karena ada beberapa All in One diapers milik saya yang tidak apa-apa saat dicuci dengan mesin cuci satu tabung yang sekaligus pengering.
Gunakan deterjen seperempat dari jumlah yang dianjurkan. Bilas beberapa kali hingga bersih. Ingat: Proses pembilasan adalah langkah penting dalam membersihkan clodi! Bila tidak bersih, residu sabun dapat tertinggal di diaper yang dapat menyebabkan kurangnya daya serap dan menyebabkan ruam pada kulit bayi yang sensitif. Gunakan deterjen yang tanpa pelembut dan pemutih.
Penambahan sedikit baking soda dapat meningkatkan daya cuci deterjen Anda. Juga dianjurkan sesekali menambahkan sedikit cuka dalam air bilasan.
Jangan memakai pemutih dan pelembut pakaian. Setelah bersih, jemur di bawah sinar matahari. Sinar matahari dapat menyamarkan noda dan membuat diaper terasa bersih segar.
Setelah kering, jangan sekali-kali MENYETRIKA clodi Anda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar